Jam 1 Pagi atau Jam 1 Malam?

Jam 1 pagi atau jam 1 malam?

"Halo, selamat malam."
"Selamat pagi, sekarang sudah jam 1 lho pak, sudah pagi..."

Begitulah penggalan dialog antara seorang penyiar sebuah acara siaran langsung di sebuah televisi swasta, dengan salah seorang pemirsanya yang berhasil menelpon ke studio tv tersebut. Jam menunjukkan pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat, dini hari!

Bagaimana seharusnya kita mengucap salam di saat itu. Selamat malam, ataukah selamat pagi? Mungkin kita lihat dulu penyebutan 12 jam sebelumnya, yaitu ketika waktu menunjukkan pukul 13.00, orang sudah pasti akan bilang selamat siang… Lawan dari siang adalah malam, jadi sebaiknya ketika sampai pada jam 01.00, salam yang diucapkan adalah selamat malam bukan?

Waktu terus bergulir, sampailah di angka 03.00, sehingga ucapan yang keluar sudah pasti selamat pagi tak mungkin masih selamat malam. Kita lihat lagi waktu yang berlawanan, pukul 15.00 orang akan menyebutnya jam 3 sore. Ini tepat, karena lawan dari sore adalah pagi.

Jika melihat teori berlawanan tadi, sudah seharusnya ucapan di saat jam 01.00 menjadi selamat malam meskipun hari itu secara resmi sudah berganti dari hari sebelumnya. Tapi bagaimana dengan jam malam yang lain, misalnya pukul 19.00. Jika kita lihat waktu yang berlawanannya adalah jam 07.00 pagi! Tidak mungkin kita bilang jam 7 siang, padahal lawannya jam 19.00 disebut jam 7 malam?

Untuk di negara tropis dengan dua musim, ini memang jadi masalah. Tapi jika di negara sub-tropik dengan empat musim, jam 19.00 belumlah gelap jika waktu musim panas. Ini berarti jam 19.00 masih bisa dibilang jam 7 sore berlawanan dengan jam 07.00 yang pagi. Bahasa Inggris pun masih menggunakan evening untuk waktu tanggung ini. Baru akan menggunakan good night kira-kira setelah lewat jam 21.00 atau jika akan pergi tidur.

Kembali ke salam di tengah malam, bagaimana jika kita bilang selamat dini hari untuk waktu yang menunjukkan jam 24.00 sampai 02.30. karena memang saat itulah awal hari dimulai, alias dini. Penyiar di atas tadi harusnya tidak boleh langsung menyalahkan penelponnya.

Halo, selamat dini hari mas
Dini sama Hari sudah pulang dari tadi pak, soalnya sekarang sudah jam 1 pagi, eh.. malam, eh.. pagi.. malam…
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar