Festival Film INDONENGLISH

Festival Film Indonesia (FFI) sudah mulai ada lagi. Tapi sayangnya, dari sekian banyak nominasi, masih ada film Indonesia yang berjudul bukan bahasa Indonesia, yaitu Virgin. Seharusnya namanya film Indonesia, ya semuanya harus berbahasa Indonesia, termasuk judulnya sekalipun.

Kenapa ya para pembuat film Indonesia takut menggunakan judul bahasa Indonesia? Memang ada yang salah dengan judul Cermin untuk mengganti kata Mirror? (Sebuah film yang dibintangi artis bernama sangat Indonesia, Nirina Zubir).

Apakah pemakaian kata Missing bisa menarik jumlah penonton dibandingkan kata Hilang misalnya? Atau ngerasa aneh dengan kata Belahan Jiwa untuk menggantikan Soulmate, atau kata Jiwa jadi mengingatkan rumah sakit di Grogol, jika menggantikan judul The Soul (yang tadinya dikira film Korea karena mirip-mirip kata Seoul)?

Bolehlah sedikit ng-english jika judul tersebut menunjukan sebuah tempat, atau obyek tertentu. Contohnya salah satu film nominasi FFI juga yaitu Brownies. Tapi, ketika nama tempat Eiffel, disambung I’m in Love... jadi ngaco lagi. Sama ngaconya dengan film remaja Me vs The High Heels yang jelas-jelas dialognya pake bahasa Indonesia.

Jika memang arti kata aslinya tidak enak dibaca, mengapa tidak mencari seorang copywriter untuk dibuatkan semacam headlines bagi filmnya? Misalnya jadi Aku & Sepatuku! Atau The Soul jadi Jiwa Penasaran. (Eh, boleh kan copywriter nulis judul film? Paling enggak buat sampingan, hehehe...)

Inilah nasib bahasa Indonesia. Bahasa persatuan yang diperjuangan dengan darah dan air mata, tidak cukup dihargai oleh pemakainya sendiri. Paling tidak jika memang diperlukan bahasa Inggris, cantumkanlah bahasa Indonesia lebih dahulu, baru terjemahannya dalam English. Bukan sebaliknya! Jangan sampai kita jadi tidak punya kepribadian dengan hadirnya bahasa Indonenglish, ikut-ikutan Singlish (Singapore English) milik negeri jiran. Atau kita memang senang dengan budaya ikut-ikutan? (b/w-1205)

*tulisan ini diposting di (alm) benwal.multiply.com pada 13 Desember 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar