Berubahnya Arti dan Pemakaian Kata


“Besok tolong di email aja ya revisi-nya” atau “Coba deh elo klik website-nya” atau “Wah udah terlanjur gw send sms-nya”  Kebayang nggak sih, kira-kira sepuluh tahun lalu yang namanya email, website, sms, mungkin masih merupakan kata antah berantah yang bikin dahi kita berkerut. Masih banyak kata-kata, yang jika dulu itu diucapkan, merupakan kata aneh, sekarang malah jadi aneh jika kita sehari saja tidak bersentuhan dengan kata, benda, atau aktivitasnya.

Kini banyak kata-kata yang akhirnya mengalami perubahan pemakaian, bahkan perubahan arti. Dulu kita kenal kata “klik” hanya sebatas untuk aktivitas motret-memotret. Sekarang lebih sering digunakan untuk memasuki situs di internet. Kata mouse kita tahu karena nonton film kartun Mickey Mouse, sekarang menjadi penting bagi yang bekerja dengan komputer, terutama desktop (nah tuh, kata baru lagi...), jika si tikus itu rusak, bisa dibayangkan betapa nggak enaknya...

Jika mendengar kata “mail” langsung terbayang buka inbox di depan komputer, dan memeriksa satu persatu pesan yang masuk. Apalagi kata “email” yang dulu adalah merupakan lapisan pelindung gigi yang dapat mencegah kuman perusak gigi (bener ga tuh? Gw dulu SMA jurusan A3 sih... hehe). Padahal kata “mail” sejatinya berarti: surat, yang ditulis di kertas lalu dikirim lewat pos... tapi jika ada orang yang masih melakukan itu, keluar deh komentar: “Hareee geneee masih nulis surat...?”

Hebat ya teknologi, selain mengubah pola hidup manusia, juga sekaligus mengubah arti bahkan pemakaian bahasa, malahan juga menciptakan bahasa baru. Coba kita simak beberapa kata ini: inbox, outbox, download, desktop, kilobyte, megapixel dan masih banyak lagi kata-kata baru yang lahir karena teknologi. Kira-kira, apalagi ya.. yang akan berubah karena teknologi? (b/w)

*tulisan ini dimuat pada tgl 15 Agustus 2005 di kolom blog di situs http://benwal.multiply.com yang sudah tiada seiring dengan tutupnya situs multiply.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar