Kuis Pendidikan yang Tak Cinta Bahasa Indonesia





merubahkuis1



Disebut apakah merubah puisi menjadi bentuk prosa? Kalimat pertanyaan tersebut, seperti juga yang terlihat pada gambar, keluar dalam sebuah kuis yang cukup menghibur di Global tv pada Sabtu 11 Juli 2009. Nama kuisnya memang cukup panjang: Are You Smarter than a 5th Grader?, ya kira-kira terjemahan bebasnya: Emangnye loe lebih pinter dari anak kelas 5 SD? Sebuah kuis adaptasi dari Fox Broadcasting Company.


Kuis yang dipandu Tantowi Yahya itu sedang mendatangkan Dave Hendrik sebagai peserta, yang saat itu memilih jenis pertanyaan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 4. Sayangnya Dave tidak tepat menjawabnya, untungnya seluruh panelis anak SD yang ada di sana tahu jawabannya yaitu parafrase, tapi tentu bukan hal itu yang akan dibahas di sini. 

Perhatikan kata merubah pada kalimat pertanyaan untuk anak kelas 4 SD itu yang seharusnya mengubah (untuk melihat kata dasarnya dari kamus klik di sini). Sungguh disayangkan sebuah kuis yang berbasis pendidikan ternyata pengelolanya tidak punya perhatian terhadap bahasa nasional kita. Atau mungkin karena dari namanya saja kuis ini memang bukan kuis Indonesia?

Kasihan sekali bangsa ini, generasi sekolah dasarnya malah lebih piawai berbahasa asing, tak paham dengan bahasa nasionalnya sendiri.[b\w]

(22 Juli 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar